Karir Unik Pesepakbola Setelah Pensiun

Menjadi pesepakbola profesional sangat didambakan oleh banyak orang. Ketika menjadi pebola profesional, ketenaran bisa kita rasakan andai mampu meraih puncak karir tertinggi. Meski begitu, punya pekerjaan dibidang olahraga seperti menjadi pesepakbola memang tidak menjamin setiap saat.

Maka dari itu, lazimnya ketika pesepakbola memutuskan pensiun, kemudian mereka tetap bekerja diruang lingkup olahraga yang tidak jauh-jauh dari sepakbola. Banyak pilihan bagi pensiunan pemain bola untuk tetap berkarya dalam dunia bola.

Mulai dari menjadi pelatih, komentator pertandingan, agen pemian, manajemen klub, mendirikan sekolah sepakbola, mendirikan klub bola, membeli klub bola, dan juga bisa masuk dunia politik organisasi sepakbola semacam UEFA atau FIFA. Semua ini bisa dilakukan oleh orang pensiunan dari dunia kulit bundar.

Hal tersebut lazim dilakukan, karena selain masih cinta dengan sepakbola, pengalaman dan nama pensiunan pebola yang kadung sudah melekat di ranahnya akan memudahkan dia dalam melanjutkan karir di dunia sepakbola, meski sudah tidak lagi menjadi pemain sepakbola. Namun fenomena akhir-akhir ini terlihat unik, banyak pesepakbola yang “melenceng” dari kiblat yang seharusnya.

Kini mulai banyak mantan pesepakbola melanjutkan karir olahraga yang tidak ada sangkut-pautnya dengan sepakbola. Mulai dari atlet gulat, jiu-jitsu, hingga pebalap. Meski terbilang aneh, kita patut hargai pilihan mereka karena terkadang pesepakbola juga punya hobi, minat atau kesenangan diluar sepakbola. Dan justru inilah yang membuat dunia ini semakin warna-warni.

Bagi penikmat Premier League pada medio 2000an, pasti sangat mafhum terhadap sosok plontos yang menjadi tembok terakhir Manchester United kala itu, Fabien Barthez. Mantan penjaga gawang timnas Perancis ini, menjadi pebalap motorsport pada 2008, setelah pensiun dari sepakbola pada 2007. Karir Barthez lumayan, pada 2013 dia sempat juara podium di French GT Championship dengan mobil dari produsen asal Italia, Ferrari.

Mantan bek Bayern Munchen asal Perancis yang keturunan Basque, Bixente Lizarazu beralih menjadi atlet profesional jiu-jitsu ala Brasil. Pemain yang identik dengan angka 69 karena tinggi 169 cm, berat 69 kilogram dan bernomor punggung 69 ini bahkan pernah juara kelas Blue Belt Senior 1 Light Division 2009 di kompetisi jiu-jitsu Eropa.

Dari cabang gulat ada mantan kiper Burton Albion, Stuart Tomlinson. Tidak terlalu sukses sebagai pemain sepakbola ditengarai menjadi alasan Tom untuk banting setir ke dunia pergulatan. Pada 2014 dia memeluai debut sebagai pegulat dibawah naungan WWE di Amerika Serikat, dia turun dengan nama ring Hugo Knox. Tetapi karirnya sebagai pegulat tidak berlanjut karena kontak habis dan kini ia menjadi model.

Setelah Tomlinson, ada pesepakbola lain yang lebih terkenal yaitu Tim Wiese. Mendapat tawaran kontrak dari WWE, dia pensiun dari sepakbola setelah sepakat memustuskan kontrak bersama klub terakhrinya, Hoffenheim. Padahal Wiese termasuk kiper berkualitas di Jerman, nama Tim Wiese yang kini berusia 34 tahun ini sangat melekat dengan Werden Bremen, tim yang ia bela sejak 2005 hingga 2012. Penampilan solid di Bremen itulah yang membuat ia sering dipanggil ke skuad timnas Jerman.

Tim Wiese
Tim Wiese, dahulu menangkap bola kini membelit lawan di ring tanding.

Selain tetap berkutat dalam dunia olahraga non-sepakbola, banyak pesepakbola yang ketika pensiun beralih ke profesi lain dan bukan ranah olahraga. Pemain bengal Italia kelahian Argentina, Pablo Osvaldo dikabarkan menolak tawaran kontrak dari klub Chievo demi fokus dalam karir baru sebagai musisi.

Klub terakhir Osvaldo adalah Boca Junior sejak Januari 2016, namun kontrak dia diputus akibat berseteru dengan pelatih pada Mei 2016. Musim panas ini Chievo menawarkan kesempatan dia merevitalisasi karir di Serie A, namun ditolak. Sangat disayangkan, karir pemain ini berantakan, akibat perangai buruk dalam dirinya. Padahal dia sempat mengisi skuad timnas Italia sejak 2012 hingga 2014.

Selain Osvaldo, ada Gaizka Mandieta yang populer di medio 2000an. Mantan pemain Lazio dan Middlesbrough itu kini menjalani profesi sebagai DJ. Jose Manuel Pinto, kiper gondrong nan eksentrik Barcelona yang sudah pensiun, kini dia menjadi produser musik.

Adapula yang menjadi aktor, sebut saja Eric Cantona, Frank Lebouf dan Paul Gascoigne. Mantan gelandang tengah Real Madrid dan tim nasional Denmark, Thomas Gravesen kini menjadi pemain poker profesional di Las Vegas. Ada juga yang berkarir dalam bidang politik umum seperti George Weah yang pernah menjadi kandidat Presiden Liberia. Roman Pavlyuchenko yang dulu pernah lumayan sukses bersama Tottenham Hotspurs, kini bergabung dengan parpol Presiden Russia berkuasa saat ini, Vladimir Putin.

Karir mantan bek AC Milan asal Georgia lebih keren. Kakhaber Kaladze yang memang aktif berbisnis investasi di berbagai negara, kini sudah punya karir politik yang mapan. Dia menjadi wakil perdana menteri Gerogia sekaligus menjabat menteri sumber daya energi Georgia sejak 2012 hingga kini.

Banyaknya jalan karir mantan pesepakbola membuktikan bahwa pesepakbola tidak hanya “hidup” dengan sepakbola semata, hal-hal lain terkadang bisa mereka lakukan dan pikirkan disamping memikrikan sepakbola. Ada yang beralih ke olahraga lain, ada yang berbisnis, ada yang berpolitik dan ada juga yang bahkan menjadi dosen di perguruan tinggi.

Jadi bagi anda yang ingin menjadi pesepakbola profesional, jangan khawatir karena banyak pilihan hidup yang bisa anda pilih setelah pensiun nanti. Semua bisa dilakukan asal ada niat, usaha keras, dan tidak takut mengambil resiko. Justru, dengan makin banyak mantan perumput lapangan hijau yang sukses diluar dunia sepakbola, hal ini semakin menambahkan rasa bangga pada sepakbola itu sendiri. Iya kan?

Foto: metro.co.uk dan independet.co.uk

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s